Tiket Kereta Online Bisa Dibeli dengan 6 Langkah Mudah Berikut

Selain bus, maka kereta menjadi salah satu sarana transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat, tak hanya kalangan bawah saja, melainkan juga menengah ke atas, untuk menunjang perjalanan mereka jadi lebih nyaman. Belakangan ini sistem pembelian tiket kereta online memang lebih banyak dianjurkan kepada masyarakat dibandingkan dengan pembelian secara langsung. Apalagi tentunya sudah tak begitu asing lagi bagi Anda, untuk beberapa moment tertentu seperti halnya lebaran atau sejenisnya, maka dengan pembelian secara langsung kurang begitu efektif, menyebabkan banyak pembeli arus mengantri dalam waktu lama, hingga tindak kejahatan yang sering kali terjadi.

Untuk itulah sekarang ini PT KAI sudah membuka sebuah situs resmi yang bisa digunakan untuk pemesanan tiket kereta secara mudah, tanpa harus datang langsung ke loket penjualannya. Tak hanya website atau situs resmi dari PT KAI saja, melainkan cukup banyak juga diantaranya beberapa situs yang bekerjasama untuk tawarkan pembelian tiket kereta ini. Tentunya tetap aman dengan harga yang sama, jadi tak perlu khawatir ketika akan membeli ke beberapa situs tersebut.

Langkah Beli Tiket Kereta Online Bukalapak

Mengingat untuk beberapa moment karena jumlah pengunjung situs PT. KAI sendiri cukup tinggi, sehingga menyebabkan sistem juga jadi error. Khusus untuk Anda yang masih awam dalam hal pemesanan tiket kereta online ini, maka berikut ada beberapa panduan mudah dalam pembeliannya, yaitu:

  1. Kunjungi situs resmi dari PT. KAI tersebut, atau dengan mengunjungi beberapa situs yang sudah bekerjasama dengannya, misalnya adalah Bukalapak, mereka juga sedangkan fitur pembelian tiket kereta dengan harga yang sama. Anda dapat memilih menu untuk booking tiket.
  2. Isi kolom tanggal keberangkatan, stasiun asal dan juga tujuan, kemudian jangan lupa mengisikan jumlah keberangkatannya juga. Setelah diklik nantinya ada banyak sekali pilihan kereta beserta kelas-kelasnya yang bisa Anda gunakan. Jangan lupa juga untuk membanding-bandingkan tawaran harga juga lihat jam keberangkatan dari masing-masing kereta. Khusus untuk yang melakukan perjalanan jarak jauh maka bisa mempertimbangkan kelas bisnis.
  3. Setelah mempertimbangkan baik-baik dan dapatkan kereta yang diinginkan maka bisa langsung klik menu booking yang ada di sampingnya, setelah itu kan muncul kolom konfirmasi pemesanan dimana mengharuskan Anda untuk memasukkan jumlah penumpang kembali. Sesuaikan dengan jumlah tiket yang akan dipesan.
  4. Isi data diri dari penumpang, satu hal penting yang harus diperhatikan adalah, ketika melakukan pengisian maka hendaknya disesuaikan dengan data diri yang ada atau tertera pada kartu tanda penduduk. Karena pada prosesnya nanti akan dilakukan pengecekan ulang oleh petugas stasiun guna mencocokkan data diri yang sudah ada, jika salah resikonya penumpang tak bisa melanjutkan perjalanan, uang juga akan terbuang.
  5. Setelah mengisi semua data diri disertai dengan alamat email, maka pada tahapan selanjutnya Anda akan dikirimi informasi data-data yang sudah dibuat tersebut, jika memang sudah sama semuanya, maka bisa langsung dikonfirmasi, jika ada yang salah masih bisa menggantinya.
  6. Segera lakukan pembayaran, metode pembayarannya sangat banyak, baik itu memanfaatkan ATM, fasilitas e-banking atau dengan kartu kredit, sesuaikan dengan kemampuan Anda. Setelah selesai maka bisa segera mencatat kode pemesanan atau pembayaran tiket tersebut. Gunakan nomor yang tertera untuk melakukan konfirmasi pembayarannya.

Cukup dengan 6 langkah tersebut maka Anda sudah bisa naik kereta api secara nyaman dan aman. Sistem penjualan tiket kereta online ini memang sudah ada cukup lama, namun belum terlalu banyak masyarakat yang melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *