Teknik Membuat Sambungan Paralon dan Pipa PVC

Hunian yang baik tentu saja tidak hanya dilihat dari megahnya desain dan interior dari rumah. Akan tetapi juga dari keefektifan segala perabotan dan sistem yang ada dalam rumah. Karena sistem yang diaplikasikan dan juga perabotan yang digunakan akan mempengaruhi efektifitas segala aktivitas dalam hunian anda. Salah satu yang tak kalah penting adalah efektifitas sistem saluran air pada hunian anda. Saluran air menjadi hal penting yang harus anda perhatikan karena tanpa saluran air yang efektif maka aktivitas harian anda tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu penting bagi and auntuk mengetahui ragam pipa rekomended yang perlu digunakan seperti pipa rucika. Selain itu penting juga bagi anda untuk mengetahui teknik cara membuat sambungan yang baik.

Pipa Rucika

Sistem instalasi air dan juga sistem sanitasi dalam sebuah hunian menjadi satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam sebuah hunian. Maka tentu saja anda harus selektif dalam memilih produk pipa yang akan anda gunakan dan juga perlu teliti dalam membuat sambungan pipa. Apalagi mengingat bahwa masalah umum yang sering kali dihadapi oleh masyarakat terkait dengan saluran air ini ialah dengan terjadinya sambungan yang terlepas ataupun terjadinya kebocoran dan patahnya pipa yang digunakan. Tentu saja hal ini menjadi sangat riskan karena anda tidak bisa menjalankan aktivitas seperti biasa karena saluran air yang mengalami kerusakan. Maka penting bagi anda untuk mengetahui cara membuat sambungan secara tepat agar tidak terjadi kebocoran.

Hal lain yang juga tak boleh anda lewatkan adalah memilih jenis pipa secara selektif. Jika anda masih belum bisa memutuskan, maka pipa rucika adalah varian pipa air yang direkomendasikan untuk anda. Mengapa rucika? Karena varian pipa satu ini memiliki beragam keunggulan yang pastinya akan sangat banyak memberikan manfaat untuk anda. Rucika ini merupakan jenis pipa upvc pertama yang dibuat dengan standar industrial jepang atau JIS di tanah air. Dibuat denagn bahan premium hingga rucika berani mengklaim bisa digunakan hingga 10 tahun dengan 300 jenis sambungan yang ada.

Setelah anda mendapatkan rekomendasi pipa yang akan digunakan, yaitu pipa rucika maka selanjutnya anda perlu untuk mengetahui teknik atau cara tepat untuk mebuat sambungan peralon. Dengan begitu saluran air tidak akan mengalami masalah. Pertama anda perlu membersihkan pipa atau peralon yang akan disambung dengan kain yang bersih. Hal ini untuk menghindarkan kotoran yang menempel dan akan mengurangi daya rekat lem yang nanti akan digunakan untuk menyambung peralon.

Setelah itu langkah yang kedua anda perlu untuk mengapelas ujung pipa yang akan disambung secara perlahan. Hal ini dilakukan agar sambungan mampu melekat lebih erat karena ujung peralon kasar. Pastikan anda mengampelas secara pelan dan juga hati-hati untuk menghindari lubang yang menyebabkan pipa menjadi longgar. Dimana hal ini akan menyebabkan kebocoran pada saluran air hunian anda.

Langkah yang ketiga anda bisa mulai mengaplikasikan lem pada permukaan pipa dan juga bagian dalam sambungan. Akan tetapi perlu anda ingat bahwa untuk saluran sanitasi anda tidak perlu menggunakan lem untuk menyambungkan. Anda hanya membutuhkan selotip yang elastis dan juga tipis. Bahan ini akan membuat sambungan samkin erat bila digunakan saat sudah kering. Setelah lem diaplikasikan anda perlu menunggunya selama beberapa menit sebelum dipasang. Kemudian sambungkan peralon atau pipa dengan cara diputar hingga masuk dan melekat dengan erat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *