Ketahui Beberapa Rincian Biaya Kuliah di Indonesia Berikut Ini

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah keinginan setiap orang. Namun sayangnya tidak semua bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang ini karena terkendala biaya. Tidak dipungkiri memang, sebab biaya kuliah tidak bisa dibilang murah, alias terbilang mahal. Beruntungnya kali ini kamu bisa pinjam uang online untuk menutupi semua biaya kuliah.

Apabila kamu baru saja lulus dari SMA atau SMK dan berniat akan melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan, berikut ada beberapa informasi terkait rincian biaya kuliah di Indonesia. Dengan mengetahui rincian biaya kuliah ini setidaknya kamu sudah memiliki gambaran tentang berapa jumlah dana yang harus disiapkan.

Biaya Kuliah Di Indonesia Tunaiku

  1. Universitas Indonesia

Di Universitas Indonesia terdapat dua klasifikasi mekanisme pengajuan tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT). Yakni BOP-Berkeadilan (BOP-B) dan BOP-Pilihan (BOP-P). BOP-Berkeadilan ini mengacu pada pengajuan tarif UKT untuk mahasiswa yang penetapan jumlah biayanya disesuaikan dengan kemampuan si penanggung biaya. Akan tetapi untuk mengajukannya dibutuhkan beberapa jumlah data maupun dokumen pendukung lainnya.

Sementara itu, BOP-P pilihan ini jumlah biayanya ditentukan sendiri oleh penanggung biaya yang secara sengaja diniatkan untuk turut berpartisipasi membantu biaya operasional pendidikan sarjana di UI. Jadi dalam hal ini mahasiswa akan membayar sejumlah UKT yang lebih besar dari tarif UKT kategori IV BOP-B.

Rincian lengkapnya adalah: BOP-Berkeadilan meliputi jurusan IPA mulai Rp 0 hingga Rp 7,5 juta tiap semester, sedangkan untuk jurusan IPS mulai dari Rp 0 hingga Rp 5 juta tiap semester. Lalu untuk BOP-Pilihan, jurusan IPA mulai Rp 0 sampai 10-15 juta tiap semester, dan untuk jurusan IPS Rp 7,5 juta hingga 12,5 juta setiap semester.

  1. Universitas Gajah Mada

Apabila kamu melanjutkan pendidikan di Universitas Gajah Mada, maka disini jumlah biaya yang harus dibayarkan tergantung pada UKT-nya. Dimana semakin tinggi UKT-nya, maka dapat disimpulkan bahwa pendapatan orang tua kamu semakin besar.

UKT 0 diperuntukkan bagi peserta bidikmisi, lalu UKT 1 untuk mahasiswa yang pendapatan orangtuanya berada di bawah Rp 500 ribu, selanjutnya UKT 2 untuk penghasilan orangtua dimulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta.

Lanjut pada UKT 3 diperuntukkan bagi mahasiswa yang orangtuanya mempunyai penghasilan Rp 2 juta sampai Rp 3,5 juta, UKT 4 mulai Rp 3,5 juta sampai Rp 5 juta, UKT 5 untuk penghasilan mulai Rp 5 juta hingga Rp 10 juta, dan yang terakhir adalah UKT 6 yang diperuntukkan bagi yang berpenghasilan di atas Rp 10 juta.

  1. Institut Teknologi Bandung

Apabila kamu kuliah di ITB dengan mengambil jurusan Non Sekolah Bisnis dan Manajemen, maka dibutuhkan biaya setidaknya Rp 10 juta setiap semesternya. Tapi pada jurusan ini pihak kampus menawarkan bantuan bagi mahasiswa yang kondisi ekonominya kurang. Kendati demikian tetap ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan keringanan atau bantuan tersebut.

Sementara itu, untuk jurusan Sekolah Bisnis dan Manajemen, dibutuhkan Rp 20 juta untuk setiap semesternya.

  1. Universitas Padjajaran

Perihal biaya kuliah Unpad sendiri telah menetapkan UKT masing-masing prodi ke dalam 5 kategori. Kategori I Rp 500 ribu tiap semester (berlaku untuk semua prodi), dan yang paling mahal adalah kategori V dimana biaya yang dikeluarkan lebih bervariasi, yakni antara Rp 5 juta sampai Rp 13 juta setiap semesternya.

Demikianlah beberapa rincian biaya kuliah di Indonesia. Tidak perlu resah perihal biaya kuliah ini, kamu dapat pinjam uang online untuk biaya kuliah. Prioritaskan pendidikan, dan selama ada cara terbaik untuk mewujudkannya, pastikan kamu memanfaatkan peluang tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *