Inilah Tips Menghindari Hutang yang Perlu Anda Coba

Perkembangan dan kemajuan zaman menuntut kita untuk hidup mengikuti perkembangannya. Semakin majunya zaman semakin banyak pula penemuan-penemuan canggih yang ditemukan oleh para ilmuan-ilmuan zaman sekarang. Secara tidak langsung kecanggihan alat tersebut membuta kita ingin untuk memilikinya. Tidak dipungkiri, semakin banyak alat-alat canggih seperti handpone pintar atau smartphone menjadi salah satu kebutuhan pokok yang ‘wajib’ dimiliki. Menjadikan alat elektronik masuk ke dalam daftar kebutuhan pokok, tentunya akan menambah jumlah pengeluaran, ditambah dengan penggunaan smartphone membutuhkan koneksi internet sehingga membuat pengeluaran bulanan pun menjadi bertambah. Namun tidak jarang, terkadang yang namanya rejeki bisa saja mandeg. Seringkali kita menghadapi masalah keuangan atau yang biasa dikenal dengan istilah bokek, kanker (kantong kering) atau kere. Alhasil, tidak jarang di antara kita saat tengah mengalami krisis keuangan memilih untuk meminjam uang menutupi keadaan keuangan yang sedang menipis. Bukan hanya di kalangan masyarakat biasa. Hutang juga biasanya dialami oleh para pebisnis.

Hutang merupakan hal yang akrab di dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, hutang merupakan modal atau pinjaman dari orang lain yang akan dikembalikan dalam jangka waktu tertentu. Hutang merupakan salah satu alternatif yang sering dilakukan saat seseorang mengalami krisis keuangan. Orang memilih untuk berhutang atau meminjam uang saat dalam keadaan tertentu, misalnya karena keperluan mendesak dan mendadak yang membutuhkan biaya yang besar. Faktor lain yang membuat orang lain terjerat hutang Tentunya, tidak ada orang yang ingin terlilit hutang dan hutan merupakan hal yang dihindari oleh orang. Ada beberapa tips bagi Anda untuk menghindari adanya hutang pada orang lain. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk menghindari hutang.

Pinjaman Tanpa Kartu Kredit Pinjaman24

7 Tips Agar Terhindari dari Hutang

  1. Hindari Membeli Barang-Barang yang Tidak Dibutuhkan

Sebelum berbelanja, pastikan Anda telah membuat daftar belanja dan membuat daftar antara kebutuhan dan keinginan Anda. Hindari membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Membeli barang-barang yang tidak dibutuhakan justru akan membuat pengeluaran Anda semakin membengkak. Hindarilah pergi ke mall. Mall merupakan salah satu sumber pengeluaran terbesar dan merupakan salah satu sumber hutang pribadi Anda. Berbelanja di Mall membuat Anda berbelanja barang-barang bermerek. Hal itulah yang membuat pengeluaran Anda membengkak dengan berbelanja barang-baarang  bermerk dengan harga selangit yang sebetulnya merupakan barang yang terlalu Anda butuhkan.

  1. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit secara tidak langsung merupakan sumber hutang pribadi Anda. penggunaan kartu kredit yang berlebih dan tidak terkontrol, membuat pengeluaran Anda semakin melonjak. Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit agar tidak menumpuk pengeluaran bulanan Anda. Bagi pengguna kartu kredit, biasanya akan mendapatkan promo, point reward dan cash back yang bisa Anda manfaatkan. Membawa kartu kredit secara tidak langsung akan membuat Anda berbelanja terus menerus. Seiring kemajuan zaman, Anda bisa memanfaatkan fasilitas online yang tersedia bagi para pengguna kartu kredit. Anda dapat melakukan pinjaman tanpa kartu kredit sehingga Anda tidak perlu membawa kartu kredit ke mana-mana.

  1. Membuat Rencana Anggaran Keuangan

Untuk menjaga keuangan pribadi Anda agar tetap aman dan stabil, Anda perlu membuat rencana anggaran keuangan dengan matang dan penuh perhitungan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan gaji atau pemasukan Anda dengan pengeluaran Anda setiap bulannya. Dengan mengimbangi antara pemasukan dan pengeluaran, anggara keuangan Anda bisa untuk mencukupi kebutuhan selama satu bulan tanpa takut untuk terbebani hutang pribadi.

  1. Pastikan untuk Membayar Tagihan Tepat Waktu

Jangan menunda untuk mebayar tagihan bulanan Anda, seperti tagihan listrik, air, cicilan rumah, cicilan motor atau mobil dan lainnya. Menunda pembayaran akan semakin menumpuk tagihan bulanan Anda. Percaya atau tidak, dengan menunda membayar tagihan bualanan akan semakin menyulitkan Anda. Ada baiknya Anda segera membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Selain menumpuk pembayaran, menunda tagihan juga dapat menjadikan Anda terkena denda dan akan semakin memperbanyak pengeluaran Anda.

  1. Gunakan Tabungan untuk Keperluan Mendesak

Jangan sepelekan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menabung. Uang tabungan yang selama ini Anda kumpulkan tidak hanya digunakan untuk investasi masa depan. Anda juga dapat menggunakan tabugan untuk keperluan yang sangat mendesak. Mulailah untuk rajin menabung dari sekarang. Jangan remehkan receh yang Anda miliki atau kembalian belanjaan yang Anda dapatkan. Uang receh yang sudah terkumpul akan sangat membantu Anda saat  Anda membutuhkan uang dalam keadaan darurat. Jadi, mulai sekarang manfaatkan dan tabung uang rreceh yang biasa Anda dapatkan dari kembalian saat belanja di toko atau supermarket.

  1. Manfaatkan Diskon Saat Belanja

Jadilah konsumen cerdas bukan hanya dalam memilih bahan belanjaan, tapi juga pintar saat mengetahui waktu diskon yang biasa diberikan oleh toko atau supermarket. Manfaatkan diskon atau potongan harga yang ditwarkan oleh tempat perbelanjaan. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk sedikit mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Setidaknya dengan memanfaatkan diskon, Anda dapat memanfaatkan uang yang tersisa sebagai tabungan yang bisa Anda gunakan untuk keperluan lainnya.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan atau Kerja Sampingan

Hasil kerja selama satu bulan belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda. Apalagi ditambah jika Anda sudah memiliki keluarga, tentunya pengeluaran setiap bulannya akan menjadi semakin bertambah. Bukan hal yang mudah memang untuk meluangkan waktu untuk mencari kerja sampingan. Ditambah jika Anda seorang pekerja kantoran yang terkadang harus lembur atau bekerja sampai weekend. Namun Anda bisa memilih kerja sampingan yang tidak terlalu menguras tenaga dan menghabiskan banyak waktu. Anda bisa memilih pekerjaan freelance yang tidka menuntut Anda bekerja seharian. Kembangkan bakat dan hobi Anda sebagai peluang kerja. Bukankah pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar?

Jika Anda memiliki kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan dan membutuhkan uang dengan segera dan dalam keadaan darurat, Anda tidak perlu kahwatir. Anda dapat melakukan kredit cepat dengan proses cepat. Tidak perlu khawatir dengan jaminan apa yang akan Anda berikan, karena sekarang ini sudah banyak jasa peminjaman uang yang memberikan pinjaman tanpa harus ada jaminan. Pastikan Anda mengelola keuangan pribadi Anda dengan hemat dan cermat agar terhindar dari lilitan hutang pribadi yang dapat merugikan Anda. Kalaupun Anda harus meminjam uang, pastikan Anda lebih berhati-hati dalam mencari tempat atau orang untuk meminjam, pastikan Anda menghindari pinjaman yang berbunga. Bunga peminjaman dapat menjadikan hutang Anda semakin menumpuk. Jadilah orang yang bijak dalam mengelola keuangan pribadi Anda. Jangan jadi orang yang boros dengan membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan. Hindari perilaku konsumtif, baik dalam berbelanja keperluan sehari-hari mau pun dalam hal membeli makanan. Belilah makan seperlunya jangan hanya berdasarkan keinginan Anda saja. Perilaku konsumtif secara tidak langsung dapat menjerumuskan Anda ke dalam lubang gelap hutang piutang yang merugikan pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *